Putih Telur VS Kuning Telur, Mana Yang Lebih Baik?

putih telur vs kuning telur mana yang lebih baikBanyak orang yang beranggapan bahwasanya khasiat putih telur itu lebih baik dari kuning telur. Sebenarnya lebih mana sih antara putih telur dan kuning telur?

Ada sebagian orang yang hanya mengkonsumsi putih telurnya saja dan membuang kuning telurnya. Mereka beranggapan bahwa kandung kolesterol dan kalori yang terdapat pada putih telur jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan kuning telur. Selain itu, kandungan protein pada putih telur juga lebih baik.

Sehingga tidaklah heran jika kita berkunjung ke tempat vitness dan banyak menemukan para binaragawan yang hanya mengkonsumsi putih telur saja untuk membentuk tubuh menjadi atletis. Bagi yang sedang menjalankan program diet sehat juga sangat dianjurkan mengkonsumsi putih telur setiap hari.

loading...

Kandungan Protein Yang Terdapat Di Dalam Putih Telur

Perbandingan kandungan protein yang terdapat di dalam putih telur sedikit lebih tinggi bila dibandingkan protein yang terdapat dalam kuning telur. Di dalam 1 butir putih telur ditemukan kalori sebanyak 3,6 gram dan sedangkan kuning telur hanya mengandung 2,7 gram protein saja.

Selisih perbedaan protein tersebut memang tidak seberapa. Tapi yang harus Anda ketahui bahwasanya kualitas protein pada putih telur tersebut jauh lebih baik dari protein pada kuning telur. Jenis protein yang terdapat di dalam putih telur tersebut adalah protein kompleks yang beberapa macam asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh.

Penilaian kualitas protein pada putih telur ini telah dilakukan oleh Protein Digestibility Corrected Amico Acid Score (PDCAAS). Nilai protein putih telur adalah 1 dan merupakan jenis protein yang terbaik. Setelah itu diikuti oleh protein pada kedelai dengan nilai 0,99. Kualitas protein pada putih telur setara dengan protein yang terdapat pada susu sapi.

Nutrisi Pada Putih Telur

Selain memiliki kandungan yang tinggi dan berkualitas, putih telur juga mengandung nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Seperti kalium, magnesium, sodium dan kalsium. Putih telur juga mengandung kolesterol jenuh dan lemak yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan kuning telur.

Tentunya kandungan kalori yang terdapat di dalam putih telur juga lebih rendah bila dibandingkan dengan telur secara utuh. Jadi bagi Anda yang sedang mengalami obesitas dan ingin menurunkan berat badan sangat disarankan mengkonsumsi putih telur sebagai makanan rendah kalori.

Ada sebuah penelitian yang dilakukan di negara Amerika dan menunjukkan bahwa putih telur juga sangat baik untuk pengobatan hipertensi. Manfaat putih telur tersebut adalah untuk mencegah segala hal yang dapat meningkatkan tekanan darah tinggi. Oleh karenanya, para pasien tekanan darah tinggi dianjurkan mengkonsumsi putih telur saja dibanding kuning telur.

Efek Samping Mengonsumsi Putih Telur

Secara umum, putih telur memang merupakan jenis makanan yang aman dikonsumsi oleh siapa saja. Namun dalam beberapa kasus, ada efek samping yang ditimbulkan oleh putih telur ini.

1. Alergi

Ada sebagian orang yang mengalami alergi mengkonsumsi putih telur dan mayoritas dialami oleh anak-anak. Timbulnya alergi tersebut dikarenakan sistem imun tubuh yang memvonis kandungan protein dalam telur sebagai zat yang membahayakan kesehatan tubuh.

Gejala alergi pada putih telur ini biasanya berupa gatal-gatal, pilek, pembengkakan, ruam dan mata mengeluarkan air. Bahkan ada sebagian orang yang mengalami mual, muntah-muntah dan gangguan pencernaan lainnya.

2. Keracunan

Di dalam telur juga ditemukan jenis bakteri yang bernama salmonella. Biasanya terdapat pada kulit telur. Untuk menghindari keracunan bakteri tersebut maka pastikan saat memasak telur sudah matang betul.

3. Menghambat Penyerapan Biotin

Biotin merupakan jenis vitamin yang larut di dalam air. Peranan biotin bagi kesehatan tubuh adalah sebagai penambah stamina dan energi. Jika kita sering mengkonsumsi putih telur yang masih mentah maka itu dapat memperlambat penyerapan biotin yang kita dapatkan dari beragam jenis makanan. Di dalam putih telur terdapat protein jenis avidin yang akan menghambat penyerapan biotin tersebut.

Sekarang Anda sudah tau kan mana yang lebih baik antara putih telur dan kuning telur serta beragam manfaat dan efek samping yang akan ditimbulkan. Semoga informasi singkat ini bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita semua.

loading...
Tag ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *