Obat Herbal Penyakit Asam Urat Tradisional Alami

By | October 18, 2017

obat herbal penyakit asam urat tradisional alamiObat Herbal Penyakit Asam Urat – Penyakit asam urat (gout) merupakan jenis penyakit yang sangat umum diderita oleh masyarakat Indonesia. Meskipun asam urat bukan tergolong penyakit yang mematikan, para penderita asam urat ini akan sulit melakukan aktifitas sehari-hari. Ini dikarenakan timbulnya pembengkakan, rasa panans dan nyeri yang tak tertahankan pada persendian pada jari tangan dan kaki, lutut dan pergelangan kaki.

Asam urat merupakan limbah yang dihasilkan oleh zat purin dalam sel tubuh. Asam urat ini sebagian besar dibuang dalam bentuk urine dan sebagian lainnya keluar melalui saluran pencernaan. Jika kelebihan produksi asam urat, maka dapat terjadi penumpukan dalam sendi sehingga terjadi peradangan yang menyebabkan rasa nyeri.

Dulu penyakit asam urat ini banyak menyerang orang dewasa yang sudah berusia diatas 30 tahun. Tapi belakangan ini sudah banyak para remaja usia muda yang juga terjangkit gejala penyakit asam urat. Penyebab utamanya adalah karena gaya hidup buruk serta asupan makanan yang tidak sehat. Asam urat ini cenderung menyerang para pria dibandingkan wanita. Untuk para wanita biasanya terserang asam urat saat setelah menopause (40 tahun keatas).

loading...

Banyak orang yang salah kaprah tentang asam urat dan rematik. Sebenarnya rematik merupakan istilah untuk menyebutkan rasa sakit pada sendi yang mengalami peradangan. Sedangkan asam urat adalah penyebab nyeri tersebut.

Gejala Penyakit Asam Urat

Ciri-ciri dan gejala awal asam urat ditandai dengan pembengkakan yang tidak hanya terjadi pada sendi, namun juga pada area sekitar sendi yang disertai dengan kulit berwarna merah. Secara umum, bagian tubuh yang diserang asam urat adalah jempol kaki dan sangat terasa sakit ketika malam hari.

Saat dalam kondisi ini, para penderita asam urat tidak bisa bergerak secara bebas dan terus mengalami rasa sakit selama 3-10 hari. Biasanya gejala asam urat mulai mereda dengan ditandai kulit yang terasa gatal, mengelupas dan bersisik.

Walaupun asam urat ini bisa reda dengan sendirinya, Anda tidak boleh menganggapnya enteng. Terapi pengobatan tetap harus dilakukan untuk mencegah agar tidak kambuh lagi. Penanganan asam urat ini harus segera dilakukan agar tidak menyebar ke sendi yang lain dan memperparah keadaan.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Munculnya rasa nyeri dan bengkak pada persendian itu disebabkan oleh penumpukan asam urat (asam laktat) sehingga terjadi pengapuran dan membentuk kristal tajam. Ada beberapa penyebab asam urat, diantaranya adalah :

1. Faktor Keturunan (Genetik)

Para pakar kesehatan menyimpulkan bahwasanya penyakit asam urat ini juga disebabkan oleh faktor gen atau keturunan. Jika ada seseorang keluarga yang menderita asam urat maka itu juga bisa terjadi pada anggota keluarga yang lainnya, terutama keturunannya. Tapi Anda tidak usah khawatir, karena keadaan ini dapat diatasi dengan pola hidup sehat sedini mungkin.

2. Faktor Usia

Penyakit asam urat ini sangat rentan menyerang para orang dewasa yang sudah berusia diatas 30 tahun. Meskipun tidak menyerang semua orang, Anda patut waspada untuk melakukan pencegahan dengan menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

3. Mengkonsumsi Obat Berlebihan

Dengan mengkonsumsi obat-obatan kimia secara berlebihan juga dapat mengakibatkan asam urat. Sudah kita ketahui bersama bahwasanya obat kimia itu menimbulkan efek samping negatif jika dikonsumsi secara terus menerus. Sebaiknya mulai sekarang beralihah pada pengobatan tradisional alami atau obat herbal.

4. Asupan Makanan

Ada banyak sekali jenis makanan yang menjadi penyebab meningkatnya asam urat, seperti jeroan, sea food, daging merah dan makanan cepat saji (junk food). Bila semua makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan maka dapat menyebabkan penumpukan asam urat di persendian sehingga akan timbul rasa nyeri dan pembengkakan.

5. Menderita Penyakit Tertentu

Penyakit asam urat juga sering dialami oleh para penderita penyakit lainnya. Misalnya para penderita diabetes, hipertensi (darah tinggi) dan penyakit ginjal. Ini dikarenakan penyebab timbulnya penyakit tersebut juga menjadi penyebab timbulnya asam urat.

6. Obesitas

Fakta menunjukkan bahwa obesitas memang menjadi pemicu timbulnya beragam jenis penyakit, salah satunya adalah asam urat. Oleh karena itu sebaiknya Anda bisa menyeimbangkan berat badan dengan melakukan diet sehat. Pilihlah asupan makanan yang terbukti efektif menurunkan berat badan agar bisa terhidar dari obesitas dan penyakit asam urat.

7. Gemar Minum Alkohol

Tidak bisa dipungkiri, bahwasanya pola hidup buruk seperti gemar mengkonsumsi alkohol dapat memicu timbulnya penyakit asam urat dan penyakit lainnya. Selain alkohol, minuman bersoda juga tidak bagus bagi kesehatan tubuh. Sebaiknya jauhilah kedua jenis minuman tersebut.

Obat Herbal Asam Urat

Untuk para penderita asam urat, saat ini tidak perlu risau lagi karena sudah hadir ramuan herbal madura untuk mengobati penyakit asam urat. Obat herbal penyakit asam urat dari Madura ini dijamin ampuh untuk mengatasi sakit nyeri sendi dan pembengkakan yang disebabkan asam urat.

Semua bahan yang digunakan untuk memproduksi obat asam urat ini terdiri dari bahan herbal 100%. Diantara bahan tersebut antara lain curcumae aegurugneae, cubacubae fructus, urcuma domesticate rhiz, psictel folium dan bahan alami lainnya.

Obat herbal asam urat ini sudah teruji secara klinis dan terdaftar di BPOM sehingga aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping apapun. Manfaat dari ramuan madura obat herbal asam urat ini adalah :

  • Mengatasi sakit nyeri pada persendian
  • Menghancurkan kristal dari penumpukan asam urat
  • Mengobati radang sendi dan rematik
  • Memaksimalkan fungsi ginjal

Cara mengkonsumsi obat asam urat tradisional ini adalah dikonsumsi 2 kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari sesudah makan masing-masing 4 kapsul. Minumlah secara rutin obat pereda asam urat ini dengan air hangat agar cepat larut dalam pencernaan dan rasakan khasiatnya.

Tips Menangani Penyakit Asam Urat

Ada dua fokus utama dalam penanganan penyakit asam urat, yaitu meringankan dan menyembuhkan rasa nyeri yang ditimbulkan dan mencegah supaya tidak menyerang kembali.

1. Mengobati Penyakit Asam Urat

Untuk meringankan pembengkakan dan rasa nyeri yang disebabkan oleh asam urat, Anda bisa menggunakan es batu yang dibungkus plastik dengan cara mengkompres pada bagian sendi yang sakit selama 20 menit, jangan lebih. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi obat herbal asam urat untuk meredakan rasa sakit, seperti obat-obatan steroid, colchicine dan obat antiinflamasi.

2. Mencegah Asam Urat

Cara mencegah agar tidak terkena penyakit asam urat kembali adalah dengan minum obat penurun asam urat, seperti allopurinol. Ini termasuk obat-obatan medis yang sering dianjurkan oleh dokter. Namun sebagai obat kimia, allopurinol berpotensi menimbulkan efek samping jika salah dosis. Seperti diare, sakit perut, mual dan ruam pada kulit. Sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum minum allopurinol.

Cara alternatif yang aman untuk menangani masalah asam urat, baik untuk pengobatan maupun pencegahan adalah dengan mengkonsumsi ramuan obat herbal asam urat madura yang di produksi oleh Produsen Ribkah Maryam Jokotole. Herbal asam urat ini dijamin paling ampuh dan aman tanpa dampak negatif sama sekali.

Dampak Komplikasi Asam Urat

Sebenarnya penyakit asam urat ini jarang sekali menimbulkan komplikasi, tapi kita harus tetap waspada terhadap beberapa kemungkinan yang akan terjadi, seperti :

  • Munculnya penyakit batu ginjal karena bercampurnya asam urat dan kalsium di dalam ginjal
  • Jika asam urat terus dibiarkan maka dapat merusak sendi secara permanen sehingga dapat merusak tulang sendi dan tulang rawan
  • Adanya benjolan keras di sekitar sendi yang mengalami peradangan

Cara Tradisional Mengobati Asam Urat Secara Alami

1. Jahe

Jahe memang lebih dikenal sebagai rempah dan minuman pelancar pernafasan. Para ibu-ibu pasti sudah sangat familiar dengan jahe karena sering digunakan sebagai bahan bumbu dapur penyedap masakan. Perlu diketahui bahwasanya jahe juga bisa dijadikan obat herbal peredam asam urat dan menghilangkan rasa nyeri pada persendian.

Kandungan di dalam jahe diyakini mampu membuang tumpukan limbah purin dalam sel tubuh. Cara pengolahannya juga sangat mudah, Anda tinggal ambil jahe yang masih segar, kupas lalu tumbuk kasar. Setelah itu seduh dengan air panas dan madu. Konsumsi secara rutin hingga rasa nyeri dan pembekakan asam urat mereda.

2. Bunga Rosella

Obat alami asam urat selanjutnya adalah bunga rosella. Kandungan zat utama seperti minyak esensial dan vitamin C pada bunga rosella dipercaya sangat efektif mengatasi penyakit asam urat. Selain itu, dalam bunga rosella juga terdapat asam amino yang berfungsi untuk meremajakan sel tubuh agar bisa bekerja dengan maksimal.

Cara membuat obat herbal asam urat dari bunga rosella sangat gampang. Ambil 5 bunga rosella yang sudah kering, lalu seduh dengan air panas dan tambahkan madu sebagai penyedap rasa. Konsumsi secara rutin teh bunga rosella ini akan berkhasiat menyembuhkan penyakit asam urat.

3. Daun Seledri

Banyak orang yang tidak tau akan manfaat daun seledri. Selain dijadikan sayuran pelengkap bakso, bakmi, soto dan yang lainnya, daun seledri ini juga ampuh untuk mengobati penyakit asam urat. Di dalam daun seledri mengadung vitamin A, vitamin B1, asam folat, zat besi, yang berfungsi untuk meredakan nyeri sendi pada penderita asam urat.

Caranya adalah dengan mengambil 4 helai daun seledri yang sudah dicuci bersih, kemudian rebus pada air mendidih 100 cc. Setelah matang saring dan konsumsi ekstrak daun seledri tersebut 1 gelas sehari.

4. Daun Sirsak

Sejak dilakukan penelitian pada tahun 1973, daun sirsak mulai populer dalam dunia medis karena kandungan didalamnya banyak memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu khasiat daun sirsak adalah dapat mencegah dan mengobati asam urat dengan efektif.

Cara mengolah ekstrak daun sirsak ini juga tidak sulit. Siapkan 10 lembar daun sirsak yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Cuci hingga bersih lalu rebus dengan 3 gelas air, tunggu hingga matang sampai air tersisa setengahnya. Minum ekstrak daun sirsak tersebut selagi masih hangat. Lakukan secara rutin setiap hari.

5. Buah Cherry

Buah cherry bisa berfungsi sebagai agen antiinflamasi untuk menyembuhkan peradangan pada persendian. Selain itu, buah cherry juga kaya akan magnesium yang berkhasiat untuk mencegah penyakit asam urat menyerang kembali. Caranya adalah Anda tinggal makan saja buah cherry secara rutin setiap hari sebanyak 10 buah.

6. Obat Asam Urat Alami

Bagi yang tidak ingin ribet dan menginginkan obat yang praktis serta dijamin ampuh tanpa efek samping maka cobalah minum obat asam urat ramuan madura. Selain berguna untuk pengobatan asam urat dan meringankan nyeri sendi, ramuan madura asli ini juga dapat menyehatkan organ ginjal.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *