Khasiat Daun Kelor Untuk Diet

khasiat daun kelor untuk dietApa yang terlintas di dalam benak anda jika mendengar tentang daun kelor? Hal mistis yang penuh mitos, sayuran yang kaya manfaat, sebagai obat tradisional atau justru Anda tidak mengetahui tentang daun kelor sama sekali. Tapi setidaknya Anda pernah mendengar peribahasa “Dunia tidak selebar daun kelor” kan?

Terlepas dari semua anggapan akan hal mistis yang tersemat pada tanaman kelor, sayuran hijau ini sering dijadikan bahan makanan atau dimasak menjadikan kuah bening di beberapa tempat. Seperti contoh di pulau madura yang rata-rata masyarakat desanya sering mengkonsumsi sayur kelor bersama nasi jagung.

Tanaman kelor ini berasal dari suku Moringaceae sehingga diberi nama latin moringa oleifera. Khasiat daun kelor dalam dunia kesehatan sangatlah luar biasa. Herbal daun kelor ini memiliki kemampuan menyembuhkan lebih dari 300 macam jenis penyakit. Tidaklah heran jika tanaman ini oleh WHO diberi julukan The Miracle Tree.

loading...

Tak hanya itu saja, daun kelor juga diyakini dapat menurunkan berat badan secara efektif. Jadi bagi Anda yang sedang dalam program diet sehat, silahkan simak artikel ini hingga tuntas.

Manfaat Daun Kelor Untuk Diet

Di beberapa negara yang miskin dan tertinggal, daun kelor ini menjadi penyelamat para pasien yang kekurangan gizi. Kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat di dalam kelor sangatlah beragam. Gizi ini juga sangat berkhasiat bagi balita dan ibu yang sedang menyusui untuk memperbanyak produksi ASI.

Tanaman kelor ini banyak ditemukan di negara Pakistan, Bangladesh, India, Afganistan dan Indonesia. Secara umum, tumbuhan kelor ini bisa tumbuh di daerah tropis. Orang-orang Romawi Kuno juga telah memanfaatkan tanaman kelor sebagai bahan pengobatan tradisional.

Dan ada beberapa penelitian yang membuktikan bahwasanya beberapa jenis kandungan yang terdapat di dalam daun kelor sangat baik untuk diet. Daun kelor berfungsi untuk membantu proses pembakaran lemak agar berjalan dengan cepat. Dan juga daun kelor dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Orang yang mengkonsumsi daun kelor juga dapat mengendalikan nafsu makan sehingga berat badan dapat terkontrol dengan baik.

Cara Mengkonsumsi Daun Kelor Untuk Diet

1. Teh Daun Kelor

Salah satu cara mengkonsumsi daun kelor adalah dengan dijadikan minuman teh. Para pakar kesehatan menyatakan bahwa daun kelor kering itu lebih tinggi khasiatnya dibandingkan dengan daun kelor segar. Jadi Anda sangat disarankan mengeringkan daun kelor terlebih dahulu kemudian diseduh menjadi teh.

Dengan mengkonsumsi teh daun kelor setiap hari maka itu dapat menjaga berat badan agar tetap ideal. Bagi para penderita obesitas juga sangat disarankan mengkonsumsi daun kelor dalam bentuk teh. Setiap 1 gelas air panas maka masukkan 100 gram daun kelor kering, aduk dan tambahkan madu agar rasanya lebih nikmat.

2. Sayur Daun Kelor

Cara yang kedua adalah dengan memasak daun kelor menjadi sayuran dan dikonsumsi sehari-hari. Anda bisa memasak kuah bening dari daun kalor, dijadikan tumis atau jenis masakan lainnya.

3. Ekstrak Daun Kelor

Cara pembuatan ekstrak daun kelor ini adalah dengan mengeringkan daun kelor segar terlebih dahulu. Proses pengeringannya bukan dijemur pada sinar matahari, tapi diletakkan di sebuah wadah dan diangin-anginkan selama kurang lebih 1-2 minggu.

Setelah kering, giling daun kelor agar halus dan lakukan penyaringan agar mendapatkan bubuk daun kelor. Nah, bubuk daun kelor ini nantinya bisa anda konsumsi dengan cara dicampurkan pada masakan yang biasa Anda konsumsi sehari-hari.

4. Kapsul Daun Kelor

Dan cara paling praktis untuk menurunkan berat badan dengan daun kelor adalah dengan mengkonsumsi yang berbentuk kapsul. Sudah banyak toko herbal yang menjual kapsul daun kelor. Anda bisa mengkonsumsinya 2 kali sehari, yaitu pada pagi hari dan malam hari agar berat badan bisa cepat turun.

Sebenarnya, manfaat daun kelor ini bukan hanya bagus untuk diet, tapi juga baik untuk mencegah beragam jenis penyakit mematikan. Sebab di dalam daun kelor terdapat kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan melindungi organ tubuh dari kerusakan.

Jadi tidak ada salahnya coba mengkonsumsi daun kelor secara rutin setiap hari agar tubuh tetap sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

loading...
Tag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *