Macam-Macam Jamur Dan Bakteri Penyebab Keputihan

By | Maret 3, 2018

jamur dan bakteri penyebab keputihan Keputihan merupakan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada wanita. Keputihan sendiri merupakan hal yang cukup mengganggu. Sebab dengan adanya keputihan wanita akan menjadi risih karena miss v selalu lembab.

Nah, tahukah Anda bahwa keputihan disebabkan oleh bakteri. Mau tahu bakteri penyebab keputihan itu apa? Yuk simak di bawah ini.

Ketika keputihan melanda maka miss v akan terasa gatal. Tidak hanya itu, miss v juga akan mengeluarkan cairan dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Sebagai wanita, Anda tidak bisa menganggap keputihan biasa saja. Jika keputihan ini terjadi secara terus menerus maka ada masalah dalam miss v Anda.

loading...

Beberapa penyebab keputihan adalah dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, stres atau hal lainnya yang sering disebut dengan istilah Flour Albus. Adapun Flour Albus merupakan keputihan yang gejalanya merupakan adanya rasa gatal ada bagian dalam dan luar vagina.

Macam-Macam Bakteri Penyebab Keputihan Pada Wanita

Tidak hanya karena stres saja yang dapat menyebabkan keputihan, namun adanya bakteri jahat juga dapat menyebabkan keputihan. Diantara bakteri penyebab keputihan ini adalah sebagai berikut :

1. Bakteri Gradnella

Bakteri Gradnella merupakan bakteri penyebab keputihan yang utama. Ketika Anda mengalami keputihan yang disebabkan oleh bakteri ini, maka terdapat beberapa ciri-ciri khusus. Diantara ciri-ciri ini adalah warna keputihan tidak seperti biasa yakni memiliki warna yang keabu-abuan.

Tidak hanya itu, keputihan yang disebabkan oleh bakteri ini juga memiliki bau yang sangat tidak sedap atau lebih terkesan amis. Bakteri ini cukup berbahaya sebab tidak hanya menyebabkan keputihan tetapi juga dapat mengakibatkan beberapa penyakit seks seperti ghonore dan sipilis.

2. Jamur Candidas / Monilia

Mungkin ini bukan bakteri penyebab keputihan, namun ini tetap saja mikroorganisme yang dapat menyebabkan keputihan. Jika Anda terkena keputihan yang disebabkan oleh jamur maka Anda akan mendapatkan beberapa ciri-ciri khusus. Diantara ciri-ciri tersebut yakni seperti warna keputihan yang memiliki warna seperti susu putih kental.

Tidak hanya itu, ciri-ciri lain juga menimbulkan bau yang tidak sedap dan sangat amis dan juga timbul rasa gatal. Adapun penyebab keputihan karena jamur itu disebabkan oleh menurunnya daya tahan tubuh serta memiliki penyakit kencing manis dan penggunaan pil KB.

3. Parasit Trichomonas Vaginalis

Ini juga salah satu yang dapat menyebabkan keputihan pada miss v. Ciri-ciri khusus yang ada jika terjadi keputihan yang diinfeksi oleh parasit itu adalah keputihan memiliki wana kuning kehijauan yang kental.

Tidak hanya itu, keputihan ini juga akan menimbulkan bau anyir dan disertai dengan rasa gatal di area vagina. Bahkan parahnya lagi keputihan yang disebabkan parasit ini juga dapat menyebabkan nyeri pada miss v. Adapun parasit ini menginfeksi karena penggunaan alat mandi dan kloset yang mengandung parasit ini.

Mengatasi Keputihan Dengan Pola Hidup Sehat

Beberapa jamur dan bakteri penyebab keputihan diatas tentunya harus diusir agar tidak mengakibatkan keputihan kembali. Oleh sebab itu Anda perlu melakukan pengobatan untuk mengatasi masalah keputihan yang terjadi secara terus menerus. Salah satu cara yang bisa digunakan yakni menggunakan ramuan madura.

Namun jika keputihan masih ringan Anda bisa mengatasinya dengan cara mengubah pola hidup agar lebih sehat lagi. Diantara pola hidup tersebut adalah seperti di bawah ini :

1. Gunakan pembalut yang pas

Satu langkah pertama untuk mengatasi keputihan yakni dengan menggunakan pembalut yang pas saat menstruasi. Sebab kadang kala jika Anda salah memilih pembalut bisa jadi hal ini dapat menyebabkan keputihan.

Sebab ketika pembalut tidak dapat menyerap dengan optimal maka akan ada banyak bakteri penyebab keputihan yang bersarang di pembalut. So, mulai saat ini pilihlah pembalut yang pas ketika Anda menstruasi.

2. Menjaga kelembaban miss v

Tahukah Anda bahwa menjaga kelembaban miss v merupakan langkah awal yang dapat digunakan untuk mencegah keputihan. Adapun ph yang baik untuk miss v yakni 3,5.

Oleh sebab itu untuk menjaga agar miss v tetap lembab, maka hal yang bisa Anda lakukan dengan cara tidak membersihkan miss v menggunakan pembersih semprot sebab hal ini dapat mengganggu keseimbangan ph miss v.

3. Bersihkan miss v dengan benar

Selain menjaga ph miss v agar tetap seimbang, salah satu cara untuk mengatasi keputihan yakni dengan membersihkan miss v dengan tepat dan benar.

Caranya yakni dengan membersihkannya dari arah depan menuju ke belakang. Hal ini bertujuan agar bakteri penyebab keputihan tidak menempel dan dapat dibersihkan.

4. Membersihkan dengan daun sirih

Daun sirih merupakan tanaman yang ampuh untuk mengatasi keputihan. Hal ini dikarenakan dalam daun sirih mengandung minyak terbang dan kavinol yang memiliki fungsi untuk membunuh kuman dan bakteri penyebab keputihan.

Oleh sebab itu sejak dulu nenek moyang selalu membersihkan miss v menggunakan daun sirih. Selain membuat miss v menjadi bersih dan kesat, daun sirih juga dapat mengatasi dan mencegah miss v dari berbagai penyakit.

5. Hindari stres

Langkah lain yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengatasi keputihan yakni dengan menghindari stres. Stres bisa menjadi penyebab terjadinya keputihan.

Oleh sebab itu mulailah hindari stres dengan acara olahraga dan buatlah hidup menjadi lebih indah dan bermakna. Maka dari situlah bakteri penyebab keputihan tidak akan datang.

6. Konsumsi bawang putih

Bawang putih ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keputihan. Selain terkenal sebagai bumbu dapur yang bisa digunakan untuk memasak, bawang putih juga bisa dijadikan untuk mengatasi keputihan.

Sebab bawang putih ini memiliki kandungan anti bakteri, antivirus, anti kulat sehingga ini sangat berguna untuk membunuh semua bakteri yang menjadi penyebab keputihan. Oleh sebab itu bagi Anda yang mengalami keputihan maka bawang putih bisa dijadikan pilihan.

Beberapa cara diatas bisa digunakan dna tentunya sangat mudah. Namun bagi Anda yang ingin mencoba hal lain misalnya dengan menggunakan ramuan madura maka Tongkat Madura Asli bisa dijadikan pilihan. Tongkat vagina ini merupakan ramuan madura yang memang sangat berkhasiat untuk mengatasi berbagai masalah miss v salah satunya adalah keputihan.

Atau jika keputihan yang dialami terasa berlebihan, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter, maka dokter akan mengecek keputihan Anda dan mengetahui penyebab keputihan tersebut. Sebab keputihan yang berkepanjangan sangat berbahaya karena bisa jadi merupakan tanda dari kanker serviks atau kanker rahim.

Baca : Tongkat Madura Asli, Ramuan Madura Untuk Mengatasi Keputihan

Namun jika Anda takut untuk pergi ke dokter dan memeriksakan keputihan, maka Anda bisa menggunakan tongkat vagina untuk mengatasi keputihan Anda. Khasiat tongkat madura ini sangat ampuh dan terkenal sebagai ramuan madura. Bahkan banyak wanita Madura yang sudah membuktikan khasiat dari tongkat ini.

Mengalami keputihan memang hal yang cukup mengganggu bagi wanita. Sebab miss v akan terasa sangat lembab dan risih jika melakukan kegiatan sehari-hari. Oleh sebab itu gunakan ramuan madura dan beberapa cara alami untuk mengatasi keputihan agar keputihan tersebut dapat disembuhkan. So, jagalah kebersihan miss v agar terhindar dari berbagai masalah kewanitaan.

loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *