Cara Mengolah Sarang Semut Papua Yang Benar

cara mengolah sarang semut papuaDi pedalaman tanah papua terdapat tanaman herbal yang banyak memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit wajah, namanya sarang semut papua. Cara hidup tumbuhan ini adalah menopang pada dahan atau rantin pohon.

Tanaman ini dinamakan sarang semut dikarenakan bentuknya yang mirip dengan tempat tinggal semut dengan tekstur berlobang-lobang. Tapi sayangnya, masyarakat Indonesia masih belum banyak yang mengetahui akan keberadaan dan khasiat dari sarang semut papua asli tersebut.

Padahal sudah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa sarang semut memiliki peranan penting untuk pengobatan beragam jenis penyakit, seperti kanker, jantung, diabetes, tumor, sakit maag, alergi, sakit migrain dan lain sebagainya.

loading...

Cara Mengolah Sarang Semut Papua

Ada beragam bentuk dari sarang semut yang di jual di pasaran. Ada yang sudah berbentuk kemasan, seperti teh celup sarang semut dan kapsul sarang semut. Jadi kita sudah bisa langsung mengonsumsinya tanpa perlu bersusah payah lagi mengolahnya.

Namun ada sebagian lagi yang menjual sarang semut asli yang berbentuk irisan atau lempengan. Tentunya irisan tersebut harus diolah terlebih dahulu supaya kita bisa mengkonsumsinya.

Ada 2 cara mengolah sarang semut dengan benar supaya khasiatnya tidak berkurang bagi kesehatan tubuh kita. Yaitu :

1. Dihaluskan terlebih dahulu

Cara yang pertama adalah dengan cara memotong irisan sarang semut hingga berbentuk kecil-kecil dan kemudian di blender. Setelah di blender hingga halus, tumbuk sampai membentuk tepung terigu dan kemudian di ayak supaya teksturnya bisa halus menyerupai bubuk.

Nah, bubuk tersebut bisa Anda masak dengan air panas. Caranya adalah masak bubuk menggunakan panci yang terbuat dari tanah liat. Tambahkan 3 gelas air dalam setiap 1 sendok bubuk sarang semut. Tunggu hingga matang, dan jika airnya sudah tersisa setengahnya maka angkat dan saring. Saat sudah dingin maka minum air teh sarang semut tersebut secara rutin dan teratur.

2. Langsung direbus

Cara kedua untuk memasak sarang semut papua asli adalah langsung menggodok irisan atau lempengan sarang semut. Dalam setiap 100 gram-nya, rebus menggunakan 3 liter air. Tetap gunakan panci yang terbuat dari tanah liat, sebab jika menggunakan panci yang terbuat dari alumunium maka khasiat yang dikandungnya akan berkurang.

Tunggu beberapa saat hingga warna air rebusan berubah seperti warna teh dan pastinya sudah mendidih. Setelah itu angkat dan dinginkan. Ohya, sisa rebusan sarang semut tersebut jangan dibuang. Anda bisa merebusnya kembali hingga air yang dihasilkan tidak berwarna seperti warna teh. Jadi bisa direbus berulang kali.

Cara minum air rebusan sarang semut papua adalah :

Untuk orang dewasa, jika akan digunakan sebagai pencegahan penyakit maka minum ekstrak herbal sarang semut tersebut 2-3 gelas dalam seminggu. Dan bila dipakai untuk pengobatan maka minum 3 gelas setiap hari, yaitu pada pagi hari, siang hari dan malam hari menjelang tidur.

Khusus untuk anak-anak dibawah usia 10 tahun, untuk pencegahan minum 2 kali dalam seminggu. Dan untuk pengobatan maka minum 2 kali setiap hari yaitu pada pagi dan malam hari.

Kelebihan Sarang Semut Yang Berupa Teh Dan Kapsul

Tentunya dengan mengkonsumsi teh sarang semut atau kapsul sarang semut tidak perlu kita ribet untuk memasaknya kembali. Karena teh celup tersebut tinggal pakai dengan cara diseduh dalam segelas air panas. Begitu juga sarang semut kapsul, kita tinggal mengkonsumsinya saja setiap hari.

Tapi saran dari LIPI, sebaiknya kita mengkonsumsi sarang semut yang masih berbentuk irisan atau lempengan. Dengan begitu kita bisa mengetahui dengan jelas bentuk dan jenis sarang semut papua tersebut.

Saran dari LIPI adalah dengan menjadikannya bubuk terlebih dahulu. Dan setiap 1 sendok makan bubuk sarang semut direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Kemudian saring dan minum dalam keadaan masih hangat. Memang butuh waktu dan agak ribet, tapi khasiat dan manfaat sarang semut asli papua tersebut akan bekerja lebih optimal bagi kesehatan tubuh.

Itulah info singkat tentang sarang semut papua dan bagaimana cara mengolahnya dengan benar. Akhirnya kita bisa tahu jumlah takaran merebus sarang semut supaya mendapatkan manfaat yang maksimal.

loading...
Tag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *