Cara Mengatasi Keputihan Yang Gatal Dan Berbau

By | November 6, 2017

cara mengatasi keputihan yang gatal dan berbauAda cairan lendir yang disebabkan oleh keputihan pada organ intim kewanitaan sebenarnya sangat lumrah dan hampir dialami oleh setiap wanita. Asalkan jumlah cairan tersebut tidak berlebihan dan tidak berbau maka itu pertanda bahwa Miss V dalam keadaan sehat. Keputihan normal itu ditandai dengan keluarnya cairan berwarna putih seperti susu kental manis dan ada juga yang bening.

Kadar cairan pada organ miss V akan lebih meningkat dalam keadaan tertentu seperti saat bercinta dengan pasangan, saat haid dan saat menyusui. Beberapa kondisi ini memang sangat wajar jika setiap wanita akan mengalami keputihan.

Namun yang perlu diwaspadai adalah ketika cairan tersebut berubah warna dan berlangsung secara terus menerus, bisa jadi keputihan yang dialami sudah tidak normal (abnormal). Selain perubahan warna, keputihan tidak normal juga ditandai dengan rasa gatal pada area organ intim kewanitaan dan mengeluarkan bau tak sedap (amis) serta menimbulkan rasa nyeri.

loading...

Penyebab Dan Ciri-Ciri Keputihan Tidak Normal

Ada banyak penyebab keputihan abnormal ini, pada intinya dikarenakan kurang menjaga kebersihan miss v sehingga virus dan bakteri mudah berkembang. Sebab lainnya adalah karena tubuh mengalami kelelahan sehingga menyebabkan hormon dalam tubuh tidak seimbang. Mengalami stres yang berlebihan juga menjadi pemicu utama terjadinya keputihan.

Penyebab keputihan lainnya adalah karena penggunaan antibiotik, memakai pil kontrasepsi, infeksi jamur, kanker serviks, infeksi penyakit seksual yang menular dan infeksi vaginosis bakterial.

Berikut beberapa tanda-tanda keputihan tidak normal :

Mengeluarkan Batu Tak Sedap

Secara umum, keputihan normal yang sering dialami oleh wanita tidaklah bau. Namun jika keputihan yang Anda alami mengeluarkan bau busuk menyengat, itu sudah tergolong keputihan tidak normal. Bau tersebut disebabkan oleh bakteri dan kuman yang bersarang di organ intim.

Berubah Warna

Cairan keputihan normal berwarna putih susu atau bening transparan. Tapi bila cairan keputihan tersebut berwarna kuning, hijau pekat dan bahkan keluar darah, maka ini termasuk jenis keputihan tidak normal.

Menyebabkan Gatal-Gatal

Ciri keputihan yang tidak normal juga disertai dengan rasa gatal pada area sekitar miss V. Selain itu, vagina juga akan berwarna kemerahan karena pengaruh gatal tersebut.

Merasakan Nyeri

Biasanya keputihan abnormal juga dapat menyebabkan rasa nyeri pada kandung kemih, terutama saat buang air kecil. Ini artinya kuman dan bakteri sudah lama bersarang di dalam kantong kemih Anda.

Jika Anda mengalami hal-hal yang disebutkan diatas, maka segeralah berkonsultasi ke dokter ahli. Anda tidak perlu malu untuk mengkonsultasikan permasalahan keputihan ini, karena Anda harus segera mencari solusinya agar keputihan tersebut bisa segera diatasi.

Oleh karena itu, sangat penting kiranya kita mengetahui semua penyebab dan ciri-ciri keputihan tersebut agar lebih mudah menanggulanginya. Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, tidak perlu panik dan khawatir.

Cara Mengatasi Keputihan Dengan Mudah Dan Alami

cara mengatasi keputihan secara alamiSalah satu cara termudah untuk mengatasi keputihan adalah dengan memakai bahan alami yang ada disekitaran rumah kita. Ini merupakan bentuk pertolongan pertama untuk mengatasi keputihan tidak normal.

1. Pengobatan Dalam (Dikonsumsi)

Sari Cuka Apel

Salah satu khasiat cuka apel untuk miss v adalah untuk menyeimbangkan kadar pH dan juga menghilangkan bau tak sedap akibat keputihan. Caranya adalah dengan mengkonsumsi campuran cuka apel dengan 1 sendok makan madu murni. Minum ramuan alami tersebut segelas per hari secara rutin hingga kelihatan hasilnya.

Kunyit

Selain dijadikan bumbu penyedap masakan, kunyit juga dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi keputihan. Kunyit mengandung antibakteri dan antijamur yang dapat menyembuhkan keputihan secara sempurna. Ambil beberapa kunyit yang masih segar lalu bersihkan dengan air. Parut kunyit tersebut hingga halus lalu peras saripatinya. Saring dan tambahkan sedikit air lalu kemudian konsumsi sari kunyit tersebut 2x dalam sehari.

Biji Ketumbar

Biji ketumbar juga dipercaya dapat mengatasi keputihan secara mudah dan alami. Caranya adalah dengan merendam setengah gelas biji ketumbar pada 1 gelas air dan biarkan semalaman. Pada pagi harinya minum ramuan tersebut saat tubuh belum mengkonsumsi makanan dan minuman apapun.

Buah Pisang

Cara termudah untuk mengatasi masalah keputihan pada organ intim kewanitaan adalah dengan mengkonsumsi 2 buah pisang setiap hari secara rutin. Kandungan dalam buah pisang diyakini mampu mengatasi masalah gangguan reproduksi dan juga dapat menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh.

Daun Sambiloto

Daun sambiloto memang sangat banyak manfaatnya, salah satunya untuk menghilangkan demam pada anak-anak. Selain itu, air rebusan daun sambiloto juga sangat ampuh menyembuhkan keputihan. Siapkan segenggam daun sambiloto kemudian iris kecil-kecil. Rebus irisan tersebut dengan segelas air hingga mendidih. Konsumsi air rebusan daun sambiloto tersebut saat masih hangat dan tambahkan madu murni agar tidak terlalu pahit.

Jahe

Jahe merupakan salah satu bahan bumbu dapur yang sangat kaya akan manfaat, khususnya untuk kesehatan tubuh manusia. Air rebusan jahe juga bisa dijadikan obat herbal untuk menghilangkan keputihan pada miss v. Rebus 1 ruas jahe dengan segelas air putih. Biarkan hingga mendidih lalu angkat. Minum rebusan jahe tersebut selagi masih hangat.

2. Pengobatan Luar

Daun Sirih

Dauh sirih memang sudah terkenal sebagai bahan alami yang sering digunakan untuk perawatan organ intim kewanitaan. Banyak sekali produk kesehatan Miss V yang berbahan dasar dari ekstrak daun sirih, jadi bisa dikatakan keampuhannya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Cara membuatnya adalah dengan merendam beberapa daun sirih lalu diamkan selama 2 jam. Setelah itu gunakan air rendaman daun sirih tersebut untuk membersihkan Miss V. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun daun sirih yang rendah kadar asam. Ini berfungsi untuk membunuh virus dan bakteri penyebab keputihan pada miss v.

Bawang Putih

Bawang putih merupakan bahan alami yang sering digunakan para nenek moyang untuk mengatasi keputihan tidak normal. Pasalnya bawang ini bersifat antivirus dan antijamur yang dapat mencegah sekaligus menghilangkan keputihan.

Caranya cukup mudah, ambil 1 siung bawang putih lalu potong menjadi dua bagian. Letakkan kedua potongan bawang putih tersebut di area miss v saat mau tidur. Biarkan semalaman dan pada pagi harinya bilas miss v dengan air bersih.

Tips Untuk Mencegah Dan Mengatasi Keputihan

  • Usahakan vagina tetap kering dan tidak lembab
  • Setelah buang air kecil usahakan secepatnya untuk mengeringkannya. Cara membasuh kemaluan saat buang air kecil adalah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya.
  • Pilihlah pakaian yang bersih, baik pakaian luar maupun pakaian dalam. Gunakanlah celana dalam yang terbuat dari kain katun (bukan sintetis) agar mudah menyerap keringat sehingga area Miss V tidak lembab.
  • Hindari pakaian atau celana dalam yang terlalu ketat agar organ intim bisa bernafas dengan nyaman dan udara bisa masuk ke dalam
  • Saat tidur malam hari sangat disarankan tidak memakai celana dalam
  • Hindari memakai parfum atau bedak pada vagina
  • Saat menstruasi ganti pembalut secara rutin

Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Keputihan

Salah satu produk herbal yang sangat ampuh mengatasi keputihan tidak normal adalah tongkat madura asli. Ini adalah ramuan alami dari Pulau Madura yang memiliki khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan organ intim kewanitaan.

Diantara khasiat tongkat madura bagi miss V adalah untuk mengatasi keputihan, mengobati gatal-gatal, menghilangkan bau tak sedap dan yang paling utama adalah bikin keset dan rapet layaknya masih perawan. Keampuhan tongkat madura untuk merapatkan miss V sudah terbukti ampuh dan tidak memiliki efek samping sama sekali.

Itulah sedikit penjelasan cara mengatasi keputihan pada wanita yang bisa Anda coba di rumah. Selalu jaga kebersihan daerah kemaluan Ada agar terhindar dari virus dan bakteri yang menyebabkan keputihan.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *